Lupa Minum Pil KB Darurat, Bolehkah Langsung Minum Dua Butir?


Pil KB darurat (pil kondar) harus diminum sesegera mungkin setelah berhubungan seks tanpa kondom. Semakin cepat Anda minum, semakin ampuh kerja obatnya untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa pil kontrasepsi dengan nama lain morning after pill ini terdiri dari dua buah pil kecil. Itu kenapa cukup banyak wanita yang lupa minum pil KB darurat dosis keduanya setelah minum yang pertama. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan?

Cara kerja pil KB darurat

Satu buah pil kondar mengandung levonorgestrel dosis rendah. Levonorgestrel adalah versi buatan dari hormon progesteron dan estrogen yang diproduksi oleh tubuh wanita.

Levonorgestrel bekerja menghambat pelepasan hormon LH untuk mencegah ovulasi (pelepasan sel telur wanita selama siklus bulanan). Levonorgestrel juga akan memperbanyak produksi lendir pada dinding rahim sehingga sperma akan terjebak dalam leher rahim dan tak bisa bertemu dengan sel telur.

Pil KB darurat juga sekaligus mengganggu proses pembuahan dengan mencegah perlekatan sel telur yang sudah dibuahi (embrio) ke dinding rahim.

Pil kondar umumnya ada dua dosis

Pil kondar bisa dengan mudah bisa didapat di apotek atau toko obat tanpa perlu resep. Supaya manjur, pil kondar harus diminum paling lama 72 jam setelah berhubungan seks.

Pil KB darurat pada umumnya terdiri dari dua pil. Pil yang pertama harus diminum segera setelah berhubungan seks, dan yang kedua wajib diminum 12 jam setelah pil pertama.

Bagaimana jika lupa minum pil KB darurat yang kedua?

lupa minum pil kb

Jika lupa minum pil KB dosis yang kedua dan sudah lewat dari 12 jam batas yang ditentukan, Anda disarankan untuk segera minum dosis selanjutnya segera setelah ingat.

Satu hal yang perlu dipahami, jangan mengulang dosis baru (dalam artian membeli kemasan yang baru) jika memang benar Anda kelupaan minum dosis yang kedua. Lanjut dengan menghabiskan dulu sisa dosis yang Anda miliki saat ini. Anda sebetulnya masih bisa minum dosis yang kedua hingga 5 hari sesudah berhubungan seks.

Namun ingat: semakin lama Anda menunda, keampuhannya juga akan berkurang. Untuk menghindari insiden lupa minum pil KB darurat, penelitian mengatakan bahwa pil kondar yang berisi hormon estrogen dan progestin ini bisa diminum langsung dua dosis sekaligus dalam kurun waktu 12 jam.

 

Pil KB darurat tidak semanjur pil KB resep untuk cegah kehamilan

Ketika dikonsumsi langsung dalam 24 jam setelah berhubungan seks, efektivitas pil KB darurat untuk  mencegah kehamilan bisa sampai 95%. Setelah 72 jam berhubungan seks, kemanjurannya menurun hingga sekitar 89%.

Meski cukup efektif, cara kerja pil kondar tetap tidak sepadan dengan pil KB resep yang rutin diminum. Itu kenapa morning after pill sebaiknya hanya gunakan di saat darurat saja, ketika terpaksa.

Apa saja efek samping minum pil KB darurat?

Jangan minum pil KB darurat terlalu sering. Pasalnya, minum pil ini terlalu sering dapat menyebabkan komplikasi serius. Efek samping yang bisa didapatkan beberapa saat setelah minum pil KB darurat adalah:

  • mual
  • sakit perut
  • ganti
  • sakit kepala
  • perubahan siklus haid
  • mendorong
  • payudara sensitif
  • muntah

Jika Anda muntah dalam waktu dua jam setelah mengonsumsi obat ini, baiknya ke rumah sakit atau hubungi dokter. Anda juga berisiko mengalami perdarahan tidak terduga beberapa waktu setelah minum obat ini.

Selain itu, minum pil KB jenis darurat ini dapat menyebabkan siklus menstruasi Anda berikutnya berubah dari biasanya. Mungkin menjadi lebih terasa sakit, jadwalnya lebih maju atau terlambat, atau malah haid tidak sama sekali. Hal ini normal, tapi jika Anda tidak juga mens dalam tiga minggu setelah minum pil kondar, sebaiknya segera konsultasi ke dokter dan lakukan tes kehamilan.

The post Lupa Minum Pil KB Darurat, Bolehkah Langsung Minum Dua Butir? appeared first on Hello Sehat.



Source link

0 Response to "Lupa Minum Pil KB Darurat, Bolehkah Langsung Minum Dua Butir?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel