Bolehkah konsumsi antibiotik bersama kopi dan makanan pedas?


Belakangan penggunaan antibiotik semakin meluas, terutama karena obat-obatan yang bersifat menekan kembang biak bakteri ini juga relatif mudah untuk didapatkan. Walaupun begitu, pasien sebaiknya tidak asal minum antibiotik. Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang cara benar untuk mengonsumsi obat ini.
Antibiotik sebaiknya diminum sampai habis untuk membunuh bakteri penyebab penyakit hingga tuntas dan mencegah resistensi terhadap obat yang sama di kemudian hari.

Selain itu, Anda yang termasuk penyuka makanan pedas, susu, dan kopi sebaiknya lebih menahan diri saat sedang mengonsumsi antibiotik.

1. Kopi plus antibiotik bikin pasien gelisah atau sakit kepala
Grace Lim Eng Fui, Apoteker dari Departemen Farmasi Rumah Sakit Sengkang (SKH), Singapura, mengatakan kopi membuat tubuh lebih waspada, sehingga tubuh harus memecahnya.

Menurut, Grace, beberapa antibiotik bisa mengubah cara tubuh memproses kafein dan memperlambat penguraiannya. Ini bisa menyebabkan pasien merasa gelisah atau malah sakit kepala.

2. Kafein dan susu memperlambat penyerapan obat
Selain itu, minuman berkafein dan mengandung susu cokelat dapat menurunkan penyerapan antibiotik.

"Susu dalam minuman berkafein dapat melemahkan penyerapan antibiotik, membuat tubuh kurang efektif melawan infeksi," kata Grace dikutip dari Singapore Health Change pada Rabu, 12 September 2018.

3. Makanan pedas bikin diare semakin parah
Sementara bagi pasien yang mengonsumsi antibiotik untuk pengobatan diare, kafein justru akan memperparah diare. Begitu juga dengan makanan yang bercitarasa pedas.

Selain itu kedua jenis makanan tersebut bisa meningkatkan rasa mual pada pasien. Karena itu, lebih baik Anda puasa dari kopi dan sambal kesukaan sampai antibiotik benar-benar habis dikonsumsi.

"Sebaiknya tahan saja. Lebih bijak dalam mengonsumsi apa pun," ujar Grace.


0 Response to "Bolehkah konsumsi antibiotik bersama kopi dan makanan pedas?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel