MAKAN SUSHI SAMBIL NGOPI TERNYATA LEBIH SEHAT!


Kopi dan roti? Sudah biasa. Kopi dan cokelat? Ah sudah sering. Kopi dan sushi? Kalau ini tampaknya masih jadi cerita baru.

TAK ada yang pernah membicarakan nikmatnya makan sushi ditemani kopi. Biasanya menikmati sushi identik dengan menyeruput ocha, sejenis teh hijau asal Jepang yang rasanya unik dan menagih itu. Kopi memang bukan pasangan yang umum untuk sushi, tapi baru-baru ini para peneliti dari Universitas Montreal justru mengatakan bahwa menikmati sushi sambil minum kopi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Apakah manfaatnya? Seperti diketahui bahwa sushi adalah salah satu makanan sehat di dunia. Seperti diketahui sushi yang umumnya menggunakan bahan-bahan ikan segar memang mengandung omega dan banyak nutrisi lainnya. Namun, di balik sehatnya kandungan ikan tersebut, ada zat merkuri yang terkadang terkandung di dalam ikan. Merkuri melintasi rantai makanan dan secara ajaib terkadang terkandung di dalam ikan (tergantung habitat dan di mana ikan tersebut berada).

Zat merkuri yang sering ditemukan pada ikan adalah methylmercury. Dan zat ini akan sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia. Jenis sushi mentah seringnya tidak bisa mengurangi jumlah merkuri pada ikan yang terjangkit. Ikan-ikan yang mendapat olahan dengan cara dipanggang mungkin mampu mengurangi zat merkuri hingga 40%. Tapi jangan khawatir untuk kamu yang doyan makan sushi karena tidak semua ikan terkandung zat methylmercury.

Dan hebatnya di sini kopi berperan. Dengan mengonsumsi kopi sambil menikmati sushi, zat methylmercury secara otomatis turun hingga 50-60%. Sungguh ajaib! Jadi jika kamu adalah penggemar sushi dan kopi, kenapa tidak menikmati keduanya sambil hitung-hitung menjaga kesehatan dari zat merkuri yang berbahaya tadi.

Meski kerap diteliti dan diaminkan manfaatnya, hingga detik ini belum ada yang memastikan apa yang membuat kopi mampu mengurangi merkuri. Apakah kafein yang ada di dalamnya atau unsur kimiawi lainnya yang bereaksi sehingga memberikan efek baik bagi yang mengonsumsinya. Entahlah! Tapi hal ini semakin meyakinkan kita bahwa kopi selalu mampu membuat (hampir) segalanya jauh lebih baik.

Jadi ada yang mau coba makan sushi sambil minum kopi juga?

Artikel disunting dari izumiphilly.com

Foto utama dari wallpaperscraft.com

Source link

0 Response to "MAKAN SUSHI SAMBIL NGOPI TERNYATA LEBIH SEHAT!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel