TIPS SANGRAI BIJI KOPI SENDIRI DI RUMAH

coffee-roast-at-home

Untuk menyangrai biji kopi di rumah pasti akan mengalami kesulitan, dan terlalu ribet untuk menyangrai dengan peralatan dapur. Namun ini bisa menjadi sulit, juga bisa menjadi menyenangkan untuk bereksplorasi bagaimana tingkatan sangrai dan pengaruhnya terhadap rasa.

Sekilas, mungkin kamu akan berpikiran, untuk apa menyangrai biji kopi di rumah, bukankah itu hal yang menghabiskan waktu? Dan belum tentu hasil biji kopi yang disangrai di rumah dapat menghasilkan sajian kopi yang nikmat. Sebenarnya, jauh sebelum minuman kopi menjadi tren hingga kini, banyak masyarakat penikmat kopi di beberapa negara menyangrai biji kopi mereka di rumah. Bukan berarti masa itu tidak ada mesin roasting, hanya saja menyangrai biji kopi di rumah merupakan kebiasaan yang kini menjadi tradisi di beberapa negara, seperti Finlandia misalkan. Sekitar tahun 1950an, dapur rumah tangga di Finlandia memiliki alat sangrai mereka sendiri di rumah mereka.

Jadi sebenarnya bukan hal yang aneh jika seseorang menyangrai biji kopi mereka di rumah, terlepas apakah mereka menyangrai untuk eksplorasi atau untuk memenuhi kebutuhan harian mereka akan sajian kopi. Mungkin sedikit tips untuk kamu yang ingin mencoba menyangrai biji kopi di rumah.

beans-roast
credit: coffeenclothes.com
1. Membeli Biji Kopi Mentah

Untuk menyangrai biji kopi di rumah, tidak perlu sampai membeli satu karung penuh biji kopi, cobalah cari tau di mana membeli biji kopi mentah dalam jumlah kecil. Sekitar 500 gram sudah cukup untuk kamu mulai menyangrai biji kopi di dapur rumah.

2. Memilih Metode Sangrai

Teknik dalam menyangrai biji kopi banyak metodenya, memilih alat yang digunakan, memilih sumber panas juga perlu dipertimbangkan. Untuk mesin sangrai elektrik mungkin tidak terlalu menjadi soal, namun bagaimana jika menggunakan kompor, oven, bisa jadi menyangrai akan membutuhkan waktu yang lama.

3. Menentukan Tingkatan Sangrai

Sebelum menentukan tingkatan menyangrai biji kopi, kamu juga harus mempelajari bagaimana tingkatan sangrai berpengaruh terhadap profil rasa kopi. Apakah memilih dark atau light, untuk inginkan sajian kopi yang kaya, ada baiknya sangrai pada tingkatan light, namun ini tergantung biji kopinya juga. Untuk roasting dalam skala kecil, waktu yang diperlukan biasanya sekitar 10 – 15 menit.

IKAWA Home Coffee Roaster| credit: TrendSpace.com
4. Fase Sangrai

Tidak jauh berbeda pada tahap sangrai menggunakan mesin sangrai, namun untuk menyangrai di rumah, kemudahannya bisa mengontrol panas berlebih. Untuk menyangrai 50gr, jika memulainya di suhu 250 derajat, saat warna biji kopi mulai berangsur berubah kecoklatan, ada baiknya menurunkan suhu dan tetap menjaga panas menyeluruh ke biji kopi secara merata. Akan terlihat jelas fase sangrai, yang dimulai dengan drying, yellowing, dan first crack.

5. Resting

Pada tahap ini, biji kopi setelah sangrai didiamkan di wadah untuk menormalkan suhu biji kopi setelah disangrai. Ada yang hanya mendiamkannya saja, ada juga yang mendinginkan suhu dengan fan, ini terserah kamu, seberapa ingin kamu menikmatinya setelah disangrai.

6. Menikmati Kopi yang Baru Disangrai

Ini yang paling penting, kamu akan merasakan ada yang beda, kopi yang disajikan setelah baru disangrai dibandingkan beberapa hari setelah sangrai. Untuk merasakan perbedaannya coba seduh biji kopi yang baru beberapa menit disangrai, dengan beberapa jam setelah disangrai, ataupun setelah beberapa hari, manakah yang lebih nikmat?

src: baristainstitute.com img: commons.wikimedia.org

0 Response to "TIPS SANGRAI BIJI KOPI SENDIRI DI RUMAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel