3 Kunci Menjalin Hubungan Dengan Pasangan yang Usianya Terpaut Jauh



Kesenjangan usia bukan hambatan untuk menjalin cinta. Namun kadang, ego salah satu pihak bisa ingin menang sendiri dengan mengatasnamakan “Aku kan lebih tua dari kamu”. Nah agar tidak terus-terusan berbuah cekcok yang tidak diinginkan, simak tips pacaran sehat berikut ini jika si pasangan beda usia cukup jauh dengan Anda.

Menjalin cinta dengan pasangan beda usia yang cukup jauh?

1. Bersikap dewasa dan hadapi dengan sabar

Menjalani hubungan asmara dengan pasangan beda usia itu butuh kerja sama dan kedewasaan dari kedua belah pihak. Dewasa di sini bukan berarti berpatokan pada siapa yang usianya lebih tua dan siapa yang lebih muda.

Kedewasaan adalah kemampuan untuk merespons situasi dan kondisi tertentu dengan cara yang tepat. Kedewasaan juga mencakup kemampuan untuk mengetahui bagaiaman seharusnya kita bertindak di satu situasi tertentu, dan kapan waktu yang tepat untuk bertindak sesuai dengan keadaan.

Jadi, belum tentu seseorang yang lebih tua daripada Anda akan lebih dewasa dalam bersikap. Bisa jadi malah sebaliknya. Jika Anda merasa pasangan cenderung bersikap kekanakan, Andalah yang harus menghadapinya secara dewasa. Jangan malah meledak marah yang tidak jelas juntrungannya.

Begini contoh lainnya: Jangan selalu mengandalkan pasangan untuk memahami Anda. Anda juga perlu mendengarkan sungguh-sungguh ketika pasangan sedang berkeluh kesah dan membuka dirinya. Ia mungkin sedang berada dalam masa paling rapuhnya dengan mencoba jujur dengan Anda tanpa malu-malu, jadi dengarkanlah dirinya dan tawarkan solusi jika diminta.

Berpacaran dengan seseorang yang lebih tua atau lebih muda memungkinkan Anda mendengar kisah-kisah, referensi budaya, dan wawasan mereka yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya, yang semuanya dapat mengarah pada diskusi hebat dan bahkan keintiman yang lebih hangat.

 

2. Terima perbedaan dan saling menghargai

Usia yang terlampau jauh bisa tembok penghalang antara Anda dan pasangan. Anda pasti menyadarinya dari obrolan sehari-hari, mulai dari musik, film, dan buku kesukaan, hingga cara berpikir. Jika Anda menganggap bahwa perbedaan tersebut adalah suatu masalah sehingga tidak ada yang mau mengalah, ini bisa membuat hubungan jadi ruwet dan tidak akan bertahan lama.

Sebaliknya, jika Anda menganggap perbedaan tersebut adalah hal menarik yang bisa digali dan dibahas bersama, komunikasi Anda dengan pasangan akan semakin meningkat. Ingat, membangun komunikasi yang baik akan membuat Anda semakin dekat dan hubungan jadi semakin langgeng.

3. Terbuka dan saling menyesuaikan

Menjalani hubungan dengan pasangan beda usia, pasti ada saja “batuan kerikil” alias masalah yang menghadang. Misalnya, restu keluarga, komitmen di masa depan, masalah kesehatan terkait usia, dan penampilan. Masalah yang silih berganti tersebut, bisa saja membuat Anda stres dan frustrasi.

Tanpa dibicarakan, masalah akan terus bertambah dan bisa memperkeruh suasana hati. Hal ini tentu sulit bagi Anda dan pasangan untuk membangun suasana yang romantis.

Lagi dan lagi, cara yang harus Anda dan pasangan lakukan adalah berkomunikasi. Cobalah untuk membuka diri Anda. Bicarakan masalah yang Anda hadapi dengan kepala dingin, hati yang tenang, dan bahasa yang lembut.

Pasangan tentu akan tahu apa yang Anda rasakan dan membantu Anda mencari solusinya bersama. Selain itu, Anda dan pasangan harus saling menyesuaikan supaya komunikasi tetap nyambung dan terus terjalin.

The post 3 Kunci Menjalin Hubungan Dengan Pasangan yang Usianya Terpaut Jauh appeared first on Hello Sehat.



Source link

0 Response to "3 Kunci Menjalin Hubungan Dengan Pasangan yang Usianya Terpaut Jauh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel