Gerah Dengan Pasangan yang Suka Mengkritik? Yuk, Coba 4 Cara Bijak Ini


Memang benar tidak ada pasangan yang sempurna. Akan tetapi, bagaimana jika Anda berhubungan dengan orang yang hobi mengkritik setiap waktu? Terlebih kritikan yang dilontarkan yaitu yang menjatuhkan dan tak membangun sama sekali. Misalnya saja mengatakan Anda gemuk dan menyuruh diet atau mengkritik tampilan Anda. Lantas, bagaimana cara menghadapinya saat pacar suka mengkritik?

Cara menghadapi pacar yang suka mengkritik

 

Brandy Engler, Ph.D., penulis buku The Men On My Couch, menyatakan bahwa berhubungan dengan orang yang hobi mengkritik bisa membuat harga diri Anda lama-lama menurun dan melemahkan semangat Anda. Bahkan, hubungan akan terasa sangat berat untuk dijalani. Oleh karena itu, coba lakukan beberapa hal berikut ini untuk menghadapinya:

1. Jangan membalasnya

Jika pacar suka mengkritik Anda dengan berbagai komentar negatif yang melemahkan, jangan membalasanya. Meski merasa emosi, tahan diri Anda untuk tidak melemparkan kritik yang serupa.

Jika Anda membalasnya, yang akan terjadi justru pertengkaran hebat yang tak ada habisnya. Ibaratnya, Anda seperti memercikan minyak tanah ke dalam api. Jika membalas dengan kritikan serupa, tandanya Anda sama saja dengannya.

2. Bicara padanya dengan lembut

Api tidak akan padam jika dibalas dengan api. Api hanya bisa padam dengan air. Oleh sebab itu, jangan membalas sama kasarnya ketika Anda dikritik. Justru Anda harus berbicara padanya dengan lemah lembut. Beri tahu pasangan Anda pelan-pelan bagaimana perasaan Anda saat ia mengatakan Anda gendut.

Saat mengutarakan perasaan, gunakan kata “aku” dibanding “kamu”. Contoh kalimatnya misalnya “Aku sedih deh kalau kamu bilang aku gendut”. Ini karena kalimat yang diawali dengan kata kamu seperti “Kamu selalu bilang aku gendut”, justru terkesan menyerang pasangan. Untuk itu, jika Anda ingin membuat pasangan mengetahui perasaan Anda yang sebenarnya, gunakan kata aku saat berbicara.

masalah rumah tangga

3. Minta pasangan untuk mengutarakannya dengan lebih baik

Saat pacar suka mengkritik, sampaikan perasaan atau kekesalan Anda padanya. Katakan padanya bahwa selama ini caranya mengkritik membuat Anda sakit hati. Katakan padanya bahwa Anda akan sama mengertinya jika ia mengutarakan dengan cara baik.

Kemudian, berikan contohnya agar pasangan tak bingung atau salah paham. Berikan contoh kalimat yang Anda ingin dengar misalnya meminta pasangan mengatakannya pada Anda dengan cara ,”Kayanya kamu kebanyakan jajan nih, sudah jarang olahraga ya. Olahraga bareng yuk”.

Kalimat tersebut maknanya sebenarnya saja menyatakan bahwa Anda gendut. Akan tetapi, jika disampaikan dengan cara yang lebih baik terasa lebih enak didengar. Namun ingat, sampaikan pelan-pelan ya agar maksud Anda dipahami dengan baik olehnya.

4. Ubah cara Anda menanggapi

Saat pasangan suka mengkritik, biasanya Anda tak akan bisa mengubah sikapnya itu dengan cepat dan instan. Oleh karena itu, daripada Anda terus merasa sakit hati mendengar kritikannya yang tak kunjung usai, coba ubah cara Anda menanggapinya.

Jadikan hal ini sebagai masukan untuk diri Anda. Meski cara penyampaiannya tidak Anda sukai, cobalah untuk menerimanya. Selain itu coba perhatikan, apakah pasangan akhir-akhir ini sedang stres dan banyak pikiran hingga melontarkan kritikan yang tak mengenakkan? Jika memang iya, hal ini juga bisa menjadi pertimbangan Anda agar tak terlalu memasukkannya langsung ke dalam hati.

Meski tidak instan, tidak ada salahnya mencoba berbagai cara ini saat pacar suka mengkritik.

The post Gerah Dengan Pasangan yang Suka Mengkritik? Yuk, Coba 4 Cara Bijak Ini appeared first on Hello Sehat.



Source link

1 Response to "Gerah Dengan Pasangan yang Suka Mengkritik? Yuk, Coba 4 Cara Bijak Ini"

  1. Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.COM
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 8 games
    pin BB : D_8_E_B_A_A_7_C

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel