Bukan Karena Kurang Tidur, Ini 4 Penyebab Mata Panda Pada Si Kecil



Kantung mata membesar dan menghitam lebih sering terjadi pada orang dewasa. Ini biasanya terjadi ketika mereka kurang tidur. Namun, kondisi ini bisa juga terjadi pada anak-anak. Mungkinkah karena penyebab yang sama? Daripada menebak-nebak, yuk, cari tahu lebih lanjut penyebab mata panda pada anak berikut ini.

Penyebab mata panda pada si kecil

Melihat tingkah dan wajah lucu anak-anak pasti membuat Anda gemas. Namun, beda reaksinya jika Anda melihat anak dengan kantung mata yang hitam dan membesar. Kondisi ini membuatnya seperti bayi panda dan Anda jadi khawatir.

Menurut Andrew J. Bernstein, MD, asisten dosen di Northwestern University sekaligus anggota dari American Academy of Pediatrics meengungkapkan, “lingkaran hitam dan kantung mata membesar pada anak, biasanya bukan kondisi yang  perlu dikhawatirkan.” Kemudian, Dr. Cindy Gellner, MD, seorang dokter anak di Rumah Sakit Anak Metro Health Medical Center menambahkan, “penyebab mata panda pada anak, biasanya bukan karena kurang tidur.”

Lalu, apa penyebabnya? Ada banyak hal yang ternyata bisa menyebabkan kantung mata anak menghitam dan membesar, antara lain:

1. Alergi, pilek, atau flu

Penyebab mata panda pada anak kemungkinan besar disebabkan oleh hidung tersumbat. Kondisi ini biasanya terjadi ketika anak terkena alergi, flu, atau pilek. Saat hidung tersumbat, pembuluh darah di sekitar mata menjadi lebih besar dan lebih gelap.

Ini juga bisa terjadi ketika kelenjar adenoid yang berada di belakang lubang hidung membengkak, membuat si kecil sulit bernapas sehingga lebih sering bernapas melewati mulut.

2. Masalah kulit

Selain hidung tersumbat, masalah kulit juga bisa jadi penyebab mata panda pada anak, misalnya eksim. Gangguan kulit ini umum terjadi pada anak-anak dan menimbulkan kulit gatal.

Apalagi jika ia menggunakan produk perawatan kulit di sekitar wajah yang memicu gejala eksim, kulit dekat mata bisa terasa gatal. Bila si kecil terus menggosok area tersebut, pembengkakan dan warna kulit yang lebih gelap bisa terjadi.

3. Faktor keturunan dan warna kulit

Selain karena masalah kesehatan, penyebab mata panda pada anak yang mungkin terjadi adalah faktor genetik. Si kecil mungin mendapatkan kantung mata yang hitam dan membesar dari ayah atau ibunya.

Kondisi ini bisa juga terjadi karena si kecil memiliki kulit yang putih. Kulit di bawah mata cenderung lebih tipis dan transparan dibanding area kulit wajah lainnya. Pembuluh vena yang berada di bawah kulit sekitar mata, biasanya akan terlihat seperti lingkaran hitam, jika anak memiliki kulit yang putih.

4. Penyebab lainnya

Banyak yang mengira bahwa penyebab mata panda pada anak dikarenakan kekurangan zat besi. Namun, ahli kesehatan sepakat bahwa itu tidak benar. Anak-anak yang memiliki kondisi ini biasanya memiliki kebiasaan menggosok mata secara berlebihan karena kelelahan.

Bisa juga terjadi akibat terjadinya retensi cairan pada tubuh anak. Retensi cairan (edema) adalah pembengkakan di sekitar tubuh akibat bocornya cairan dari pembuluh darah ke jaringan tubuh atau terlalu banyak mengonsumsi makanan asin.

Haruskah pergi ke dokter?

Jika Anda belum tahu apa penyebab mata panda pada anak secara pasti, jangan sungkan untuk pergi ke dokter. Ini jauh lebih aman daripada Anda menyepelekannya. Dokter juga akan membantu Anda untuk mengatasi mata panda pada anak sekaligus mengatasi masalah medis yang mendasarinya.

The post Bukan Karena Kurang Tidur, Ini 4 Penyebab Mata Panda Pada Si Kecil appeared first on Hello Sehat.



Source link

0 Response to "Bukan Karena Kurang Tidur, Ini 4 Penyebab Mata Panda Pada Si Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel