Tetap Langgeng Walau LDR, Ini 5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan


Saat menjalani long distance relationship, Anda tidak bisa rutin bertemu dengan pasangan. Komunikasi pun menjadi terbatas dan hubungan rentan mengalami konflik. Konflik dalam hubungan LDR adalah hal yang wajar, tapi juga bisa berlarut-larut bila telah menyangkut masalah kepercayaan. Karenanya, kedua pihak yang terlibat dalam hubungan harus mampu menjaga kepercayaan pasangan agar konflik tidak mengakibatkan perpisahan.

Menjaga kepercayaan pasangan dalam hubungan LDR

harus ldr

Kepercayaan adalah kunci untuk menghindari pertengkaran dan konflik dalam hubungan jarak jauh. Agar kepercayaan bisa terbangun dengan baik, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Saling mengenal lebih dekat

Sekalipun hubungan asmara telah terjalin, tentunya ada beberapa hal dari pasangan yang belum Anda pahami. Padahal, ini penting untuk mencegah konflik akibat pemicu yang tidak terduga. Pertengkaran bisa saja timbul karena masalah kecil yang sebenarnya tidak Anda pahami.

Mengutip laman College of Family and Consumer Science University of Georgia, ada sepuluh hal yang sebaiknya Anda pahami untuk dapat membangun dan menjaga kepercayaan dengan pasangan. Sepuluh hal tersebut adalah:

  • kepribadian
  • minat
  • rencana dan prioritas
  • sudut pandang terhadap suatu hal
  • cara memecahkan masalah
  • latar belakang keluarga
  • kesehatan fisik dan mental
  • pola asuh, serta
  • bagaimana cara ia mendampingi Anda.

2. Menepati janji

Kepercayaan diperoleh dengan menyesuaikan perkataan dan perbuatan. Bangunlah kepercayaan dalam hubungan Anda dengan menjadi orang yang saling bertanggung jawab antara satu sama lain. Jika Anda menjanjikan suatu hal, maka Anda harus menepatinya.

Apabila Anda tidak dapat menepati suatu janji, maka pastikan bahwa terdapat alasan di baliknya. Sampaikan permintaan maaf Anda dengan cara yang baik dan berikan pasangan Anda waktu untuk merenungkannya. Dengan menjaga kepercayaan pasangan, Anda juga akan menciptakan kesetiaan dalam hubungan LDR.

3. Terbuka pada pasangan

Komunikasi yang sehat berperan penting dalam keberhasilan hubungan jarak jauh. Walaupun Anda dan pasangan terpisahkan oleh jarak, Anda tetap bisa saling berkabar dan menjalin komunikasi yang baik dengan bersikap terbuka dan jujur kepada satu sama lain. Sikap terbuka juga membantu Anda untuk menjaga kepercayaan pasangan.

Cobalah meluangkan beberapa menit waktu Anda dalam sehari untuk mengajak pasangan berdiskusi mengenai hal-hal yang penting dan personal. Bila perlu, Anda dan pasangan bisa saling bercerita tentang masalah yang dialami untuk membuat diskusi menjadi lebih dalam dan menarik.

hubungan ldr pernikahan jarak jauh

4. Berikan ruang untuk pasangan Anda

Saat mengalami konflik dalam hubungan LDR, Anda dan pasangan akan diliputi amarah sehingga tidak dapat berpikir jernih. Situasi dan emosi negatif yang berkepanjangan bahkan dapat memicu pengambilan keputusan yang salah. Anda mungkin ingin saling menjaga kepercayaan dengan terus berinteraksi dengan pasangan, tapi hal ini bisa berubah menjadi konfrontasi.

Berikanlah ruang bagi pasangan Anda untuk menyendiri sejenak, sebab Anda pun membutuhkan hal yang sama. Cobalah mengurangi frekuensi komunikasi selama beberapa waktu, setidaknya hingga Anda bisa berpikir dengan kepala dingin. Setelah amarah mereda, Anda bisa kembali berkomunikasi dengan cara yang lebih baik.

5. Menjaga kehangatan hubungan asmara

Hubungan asmara yang terjalin dengan baik selama LDR penting untuk menjaga kepercayaan pasangan. Tanpa perlu menghabiskan banyak waktu ataupun biaya, ada beberapa hal sederhana tapi bermakna yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan kedekatan dengan pasangan.

Buatlah hubungan LDR Anda lebih berwarna dengan cara berikut:

  • “Berkencan” lewat telepon, atau sesekali menghubungi pasangan Anda untuk mengetahui kabarnya.
  • Mengirimkan hadiah kecil yang mengingatkan Anda kepadanya.
  • Memberitahukan jadwal Anda selama seminggu ke depan.
  • Membeli buku yang sama dan berdiskusi tentangnya.
  • Saling berkirim surat.
  • Mengirim tanaman yang mudah dirawat.
  • Mengunjungi pasangan Anda saat ada kesempatan.

Menjalani hubungan LDR bukanlah hal yang mudah, tapi juga tidak mustahil. Menjaga kepercayaan dan komunikasi adalah dua unsur yang akan membantu Anda menghadapi konflik bersama pasangan. Pada akhirnya, hubungan jarak-jauh yang berhasil selalu sepadan dengan apa yang telah Anda korbankan. Jadi, tetaplah bertahan dan jangan patah semangat!

The post Tetap Langgeng Walau LDR, Ini 5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan appeared first on Hello Sehat.



Source link

0 Response to "Tetap Langgeng Walau LDR, Ini 5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel