Panduan Memilih Behel Terbaik untuk Senyum Indahmu


Bagi beberapa orang, mungkin gigi yang tidak rapi dan rata bisa mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri. Salah satu solusi untuk membuat gigi kembali rapi dan rata adalah dengan menggunakan behel. Supaya tidak salah, mari cari tahu tips memilih behel yang sesuai kondisi Anda. 

Tips memilih behel yang tepat

Menurut American Dental Association, merapikan dan meluruskan gigi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jenis perawatan yang Anda inginkan sebenarnya tergantung pada kondisi gigi dan tentu saja finansial Anda. 

Maka itu, supaya tidak salah pilih, ada beberapa jenis behel yang perlu Anda ketahui kekurangan dan kelebihannya. Tips yang akan disajikan berikut dapat membantu untuk memilih behel yang tepat untuk gigi Anda. 

1. Kawat gigi

pemakai behel kawat gigi

Kawat gigi berbahan metal mungkin adalah yang paling sering Anda jumpai untuk meluruskan gigi. 

Kawat gigi konvensional ini biasanya akan terasa berat di awal karena memberikan tekanan agar gigi dapat berpindah ke tempat yang lebih ideal. Sensasi berat tersebut juga dipengaruhi oleh bahan kawat gigi, yaitu berupa bracket logam dan kabel baja.

Behel yang satu ini dipercaya sebagai cara yang cukup efektif untuk masalah gigi dan rahang. Selain itu, bracket-nya pun tersedia dalam berbagai warna yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda. 

Akan tetapi, tidak jarang para pengguna kawat gigi ini mengeluhkan rasa sakit ketika memakainya dan kesulitan mengunyah. Makanan pun lebih berisiko untuk menempel di bracket dan kawat. 

Lama perawatan: 1-3 tahun, tergantung kondisi gigi Anda. 

Biaya:

  • Rp7,5-20 juta untuk pemasangan
  • 2 tahun perawatan, dengan biaya konsultasi dokter gigi per bulan Rp200-500 ribu
  • Total: Rp12-32 juta 

2. Behel transparan

cara meratakan gigi

Selain kawat gigi, salah satu jenis behel yang bisa dijadikan pilihan adalah behel transparan

Behel transparan merupakan salah satu terobosan baru dalam dunia kedokteran gigi dan cukup efektif merapikan gigi Anda agar selaras. 

Keuntungan yang bisa Anda peroleh dari behel yang satu ini adalah tidak merusak penampilan atau membuat tampilan gigi Anda terlalu mencolok. Hal tersebut dikarenakan orang-orang bahkan tidak akan menyadari bahwa Anda sedang memakai behel berkat warnanya yang transparan. 

Selain itu, Anda juga dapat melepaskannya saat makan atau sikat gigi dengan mudah

Namun, untuk memilih behel transparan, ada tips yang bisa Anda ikuti. Sekarang Anda mungkin banyak menemukan iklan behel transparan di sosial media. Nah, Anda perlu berhati-hati. Jangan tergiur oleh harga murah yang ditawarkan.

Meski sepintas sama, kualitas bahan yang digunakan pastilah berbeda. Pilihlah behel transparan dari produsen tepercaya yang sudah tersertifikasi secara internasional. 

Pastikan juga Anda mendapatkan simulasi senyum Anda nantinya sebelum Anda memutuskan memilih produk behel transparan.

Lama perawatan: 3-9 bulan (beberapa ada yang sampai 30 bulan, tergantung kondisi gigi)

Biaya: Rp10-75 juta

Sebagai catatan, beberapa produsen behel transparan berharga murah menjual produknya mulai dari harga Rp7,5 juta karena ada perbedaan kualitas yang digunakan. Pastikan Anda memilih kualitas yang terbaik. Meski besar di awal, memilih behel transparan berkualitas merupakan sebuah investasi jangka panjang serta menghindarkan Anda dari masalah gigi dan mulut di kemudian hari.

3. Kawat gigi keramik 

merapikan gigi kawat invisalign

Sebenarnya, terdapat pilihan lain selain kawat gigi berbahan metal, yakni behel keramik. Dibandingkan kawat gigi metal/baja, behel ini lebih tak terlihat. 

Hal ini karena biasanya, bracket pada kawat gigi keramik terbuat dari bahan yang bening dan warnanya sama gigi Anda. Kawat yang meratakan gigi Anda akan tetap terlihat.

Walaupun demikian, kawat gigi keramik lebih mudah berubah warna ketika Anda minum atau makan makanan yang mengotori gigi, seperti kopi. Hal ini karena Anda tidak bisa melepasnya saat makan atau minum.

Tidak hanya itu, behel yang satu ini lebih rapuh dan mudah pecah sehingga membutuhkan waktu yang lebih banyak ketika merawat gigi Anda. 

Lama perawatan: 1-3 tahun

Biaya: Rp20-50 juta

4. Kawat gigi lingua

Sumber: Healthline

Tidak hanya behel keramik, Anda juga bisa memilih behel lingua untuk menyembunyikan fakta bahwa Anda sedang memakai kawat gigi. 

Kawat gigi lingua merupakan behel yang diletakkan pada belakang gigi, sehingga ketika bercermin pun Anda tidak dapat melihatnya. 

Fungsinya sebenarnya sama seperti behel biasa, tetapi harganya jauh lebih mahal dari kawat gigi metal dan keramik. Hal karena pemasangannya jauh lebih rumit.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki gigi kecil, mungkin sebaiknya menghindari jenis behel yang ini karena dapat menghalangi lidah Anda. 

Lama perawatan: 1-3 tahun

Biaya: Rp22-30 juta

Setelah mengetahui tips memilih behel berdasarkan jenisnya, konsultasikanlah masalah gigi Anda kepada dokter gigi atau ortodontis Anda untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Jika Anda berniat merapikan gigi tanpa terlihat mencolok, mungkin behel transparan adalah solusi yang paling tepat. Namun, pastikan Anda memilih produsen behel yang sudah dikenal di dunia internasional dan teruji secara klinis. 

The post Panduan Memilih Behel Terbaik untuk Senyum Indahmu appeared first on Hello Sehat.



Source link

0 Response to "Panduan Memilih Behel Terbaik untuk Senyum Indahmu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel