5 Cara Paling Jitu untuk Mengatasi Perut Kembung


Perut kembung alias begah pasti membuat Anda tidak nyaman untuk beraktivitas. Anda sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir karena kebanyakan penyebab perut kembung umumnya tidak berbahaya dan dapat mereda sendiri seiring waktu. Namun, Anda juga bisa mempercepat kesembuhannya dengan melakukan berbagai cara mengatasi perut kembung seperti di bawah ini.

Cara mengatasi perut kembung yang patut Anda coba

susah sendawa

1. Sengajakan kentut atau sendawa

Agar perut tidak lagi kembung, kentut atau sendawa sebaiknya jangan ditahan. Kentut dan sendawa adalah cara alami tubuh untuk mengeluarkan kelebihan gas di dalam perut. Maka ketika perut sudah terasa tidak nyaman, cepat-cepat cari kesempatan untuk menjauhkan diri dari orang sekitar untuk buang gas.

Anda juga bisa mengeluarkan gas yang terperangkap dengan buang air besar. Gas akan keluar bersamaan dengan feses dan membuat perut Anda lebih lega.

2. Kompres air panas

Jika Anda sedang punya banyak waktu luang di rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba cara mengatasi perut kembung yang satu ini.

Rendam waslap bersih dalam sebaskom air panas dan peras kelebihan airnya. Tempelkan kompres panas itu selama 10-15 menit di atas perut untuk meredakan rasa nyeri dan kram. Bisa juga dengan mengisi botok plastik dengan air panas dan balut dengan handuk tipis, kemudian tempelkan di perut.
Suhu hangat dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah segar beroksigen lebih cepat membantu otot-otot perut rileks dan akhirnya mengurangi nyeri.

3. Ayo bergerak!

Saat perut terasa begah karena kembung, ayo bangkit dari duduk dan jalan kaki sebentar barang 10-15 menit saja. Olahraga ringan dapat membantu mengendurkan otot-otot usus sehingga memperlancar geraknya untuk mengalirkan kelebihan gas yang terperangkap di perut.
Cara lainnya Anda bisa mencoba latihan pernapasan dengan menarik napas dalam-dalam secara perlahan, dan mengeluarkannya juga sama perlahan dalam 10 hitungan lambat.

4. Minum teh herbal

Teh herbal dari campuran jahe atau peppermint dapat cepat mengatasi perut kembung. Jika begah juga dosertai sembelit, maka tambahkan adas manis yang dapat membantu mencairkan feses supaya BAB jadi lebih lancar.

5. Minum obat

Jika cara-cara di atas tidak cukup ampuh, Anda bisa beli obat minum tanpa resep yang dijual apotek. Pilih obat antikembung yang mengandung simetikon untuk membantu mengeluarkan gas dari tubuh.
Selain itu, beberapa obat alami juga bisa Anda coba seperti activated charcoal (arang aktif) atau campuran air dengan cuka apel.


Source link

0 Response to "5 Cara Paling Jitu untuk Mengatasi Perut Kembung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel