7 Jenis Bahan Makanan yang Tidak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak

 

Katanya mencuci bahan makanan itu hal yang wajib. Gunanya untuk membuang kotoran dan pestisida yang mungkin menempel dalam bahan tersebut. Namun, ternyata ada beberapa jenis bahan makanan yang tidak perlu dicuci. Ada pula yang malah jadi berbahaya jika dicuci. Penasaran? Lihat daftarnya di bawah ini.

1. Jamur

Jamur adalah sayuran yang sangat menyerap air, dan sulit kering. Mencuci jamur akan memungkinkan bahan makanan itu menyedot air dalam jumlah besar membuat hidangan jadi basah dan tidak menimbulkan selera. Cara bersihkan jamur yang benar adalah mengelapnya dengan lap kertas yang kering dan kibaskan kotoran agar terlepas.

2. Salad kemasan

Anda tidak perlu lagi mencucui salad kemasan yang dibeli. Sebab biasanya salad tersebut sudah dicuci dengan air bersih yang dicampur dengan cairan pembersih makanan yang berkualitas. Jadi, simpan air Anda untuk keperluan lainnya saja.

3. Ayam dan ikan

Mencuci ayam dan ikan mentah di wastafel sebenarnya bisa meningkatkan risiko keracunan makanan. Anda mungkin bisa menyebarkan bakteri ke seluruh dapur, termasuk permukaan bersih di dapur seperti meja dan talenan, lewat percikan dan air yang menetes. Cara terbaik untuk membunuh bakteri di ayam dan ikan adalah dengan memasaknya.

4. Daging merah

Selain sama berisikonya seperti mencuci ayam atau ikan, mencuci daging merah dapat memengaruhi kualitas makanan Anda. Tepuk-tepuk daging merah dengan handuk kertas untuk menghilangkan kelembaban berlebih sebelum memasak dan selalu merendam daging di lemari es untuk mencegah cairan bumbunya terciprat ke atas meja atau makanan lain.

5. Quinoa

Kalau sering makan quinoa Anda pasti tahu rasa pahit yang muncul jika makanan yang satu ini tidak dicuci. Rasa pahit itu berasal dari saponin, senyawa alami yang pakai untuk mencegah burung dan serangga mengemil tanaman ini di alam liar. Namun, sebagaian besar quinoa kemasan yang dijual sudah dibersihkan, tidak pahit, dan siap dimasak.

6. Pasta

Ternyata pasta tidak boleh dicuci, baik sebelum atau sesudah dimasak. Saat mencucinya Anda justru mengeluarkan pati dari pasta. Pati ini bertugas membantu saus menempel pada mi dan memberikan rasa yang sempurna. Jadi, lupakan tips mencucui pasta yang banyak dibagikan orang, ya.

7. Beras

Kebiasaan orang Indonesia mencuci beras sebenarnya bertujuan untuk membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Namun, mencuci beras juga menghilangkan beberapa pati alami yang melapisi permukaannya. Ini mengurangi kelengketan nasi yang dimasak dan menghasilkan butir yang lebih ringan dan lebih pulen.

Dari ketujuh bahan makanan di atas, mana yang masih sering Anda cuci sebelum masak?

Foto: Unsplash

SUMBER

0 Response to "7 Jenis Bahan Makanan yang Tidak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel