Selain Wortel, 5 Superfood Ini Juga Menjaga Kesehatan Mata


Menjaga mata sangat penting karena semakin tua, orang lebih berisiko mengalami masalah mata, termasuk katarak, degenerasi makula, dan glaukoma. Menurut ahli nutrisi dan gizi Sophie Bertrand kepada Express, menambahkan makanan tertentu ke dalam pola makan dapat membantu melindungi mata. Nutrisi utama yang dibutuhkan untuk kesehatan mata adalah omega-3, vitamin A dan C, antioksidan, dan catchins. Wortel adalah makanan yang paling populer untuk kesehatan mata. Wortel mengandung beta-karoten yang membantu mata menyerap vitamin A. Selain wortel, berikut adalah 5 superfood yang mengandung nutrisi baik bagi kesehatan mata.

Sumber: Jughandle's fat farm

1. Ikan

Menurut Sophie, penelitian menunjukkan bahwa pola diet Mediterania memasukkan ikan ke dalam menu makanan dapat mengurangi risiko penurunan perkembangan degenerasi makula, kondisi progresif yang mengakibatkan kerusakan penglihatan. Kandungan minyak dalam ikan merupakan sumber baik omega-3.

Sumber: Health.harvard.edu

2. Sayuran hijau

Setiap orang wajib mengonsumsi sayuran hijau dalam porsi yang cukup karena sayuran hijau merupakan sumber terbaik lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan ini merupakan karotenoid paling penting untuk kesehatan mata.

Sumber: Seriouseats

3. Telur

Lebih lanjut dijelaskan oleh Sophie jika  kesehatan mata bisa ditingkatkan dengan makan lebih banyak telur. "Telur adalah sumber antioksidan dan vitamin A yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan permukaan mata beserta retina," katanya.

Sumber: Medical News Today

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung zat sehat katekin yang memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi dan antioksidan. Sifat-sifat ini dapat membantu mengurangi risiko infeksi pada mata.

Kredit foto: Express/Getty Images

5. Avokad

Setiap orang sebaiknya secara rutin mengonsumsi avokad karena buah ini memiliki banyak kandungan lutein yang mampu menangkal cahaya yang dapat merusak mata.

Cover: Pexels

Source Link

0 Response to "Selain Wortel, 5 Superfood Ini Juga Menjaga Kesehatan Mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel